3 Cara Backup Data Komputer dengan Mudah

3 Cara Backup Data Komputer dengan Mudah
Setiap orang pasti memiliki beberapa berkas atau file penting sehingga sangat diperlukan untuk backup data komputer tersebut. Tujuannya adalah supaya ketika data lama hilang, masih ada data cadangan yang telah di simpan atau backup tersebut.

Cara melakukan backup data pada komputer sendiri sebenarnya juga cukup beragam, mulai dari cara paling mudah hingga cara paling rumit sekalipun. Namun, apapun caranya semua itu bertujuan supaya data penting dalam komputer masih ada cadangan lainnya.

Manfaat melakukan backup data sendiri sebenarnya cukup beragam, mulai dari melindungi file penting, menyimpan file tertentu, hingga membersihkan ruang penyimpanan HDD. Bahkan, melakukan backup juga berguna untuk mencatat database setiap saat yang dijalankan oleh komputer tersebut.

Beberapa cara melakukan backup file sendiri sebenarnya telah banyak diberikan informasinya, mulai dari cara paling mudah hingga tersulit. Untuk itu, kami berikan beberapa alternatif backup data melalui cara manual, sistem backup windows, serta melalui cloud storage.

Backup Data Komputer Secara Manual

Cara backup file pada komputer yang pertama adalah melalui cara manual atau cara paling umum dilakukan. Selain itu, cara manual ini juga banyak dilakukan karena mudah dipahami oleh banyak orang, bahkan untuk orang awam sekalipun.

Pertama, pilih media pemindahan yang akan menjadi tempat backup data atau file yang kamu inginkan. Kamu bisa memakai penyimpanan eksternal seperti flashdisk, HDD eksternal, CD, DVD, bahkan memori eksternal ataupun memilih menyimpannya di HDD internal lain.

Kedua, pilih file yang akan dipindahkan dengan cara klik kanan> pilih menu Copy> cari tempat pemindahan> kemudian klik kanan> Paste. Jika ingin lebih cepat maka kamu bisa memakai tombol kombinasi Ctrl+C untuk Copy dan Ctrl+V sebagai Paste.

Ketiga, jika media pemindahan berupa CD atau DVD, maka kamu perlu melakukan tahapan lanjutan yang bernama membakar file (Burning file). Biasanya untuk Burning bisa dilakukan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau bisa secara langsung melalu fitur bawaan.

Backup Data Komputer Melalui Sistem Bawaan Windows

Bagi kamu yang menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows pasti ada fitur bawaan untuk melakukan backup file. Hanya saja, sebagian orang belum mengetahui dengan adanya cara ini karena dianggap lebih lama dari saat memakai cara manual.

Cara backup file

Cara ini jarang atau bahkan tidak pernah dipakai karena kebanyakan orang tidak mengetahui adanya fitur bawaan bernama Backup & Restore. Caranya ada Start Menu> kemudian klik All Program> klik Maintenance> terakhir klik Backup and Restore.

Pilihan media pemindahan

Fitur bawaan ini juga memberikan pilihan bagi setiap pengguna Windows untuk memilih media pemindahan. Kamu bisa menggunakan CD, DVD, atau media pemindahan eksternal lain dan bahkan kamu bisa memindahkan file ke layanan antar jaringan bernama cloud storage.

Manfaat

Karena ini merupakan sistem bawaan Windows, maka dari segi manfaat dan kegunaan juga lebih banyak daripada saat memakai cara manual. Bahkan, fitur bawaan ini bisa dipakai sebagai sistem Repair serta Restore saat komputer tersebut mengalami masalah di kemudian hari.

Backup Data Komputer di Cloud Storage

Mungkin, banyak orang belum mengetahui ada cara untuk melakukan pemindahan data atau file menggunakan layanan Cloud Storage. Hal itu cukup wajar karena layanan ini merupakan inovasi baru yang memakai layanan tanpa perangkat atau disebut layanan Cloud.

Memakai jaringan internet

Karena hampir semua hal saat ini sudah mulai dilakukan digitalisasi, maka proses pemindahan juga harus dilakukan dengan hal sama. Layanan Cloud Storage sendiri memakai sistem jaringan internet yang bisa kamu akses setiap saat tanpa batasan.

Gratis

Layanan Cloud akan memberikan layanan secara gratis bagi setiap orang dengan batasan penyimpanan tertentu, setidaknya adalah 2 GB dan paling besar sampai 16 GB. Namun, jika kamu ingin penyimpanan Cloud lebih besar, maka bisa membelinya.

Mudah dan sederhana

Salah satu kelebihan dari layanan Cloud yang bisa kamu jadikan sebagai tempat backup data adalah kamu tidak membutuhkan perangkat eksternal. Semua data akan tersimpan di jaringan awan atau layanan Cloud tersebut dan bisa diakses kapan saja.

Pemindahan atau penyimpanan data ulang bagi sebagian orang menganggapnya sangat penting. Apalagi jika data tersebut merupakan file penting seperti data perusahaan atau file penjualan, maka mengetahui cara backup data komputer adalah hal yang sangat penting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga boruto chapter 61 sub indonesia komiku

Cara Menggunakan NFC di Samsung A32

Cara Memasukan Lagu ke Iphone Tanpa iTunes