Bagaimana Cara Menghapus Virus Malware Dari Ponsel Android?

Bagaimana Cara Menghapus Virus Malware Dari Ponsel Android?


Sebelum mempelajari cara menghilangkan virus di ponsel Android, ada satu poin klarifikasi: Dari sudut pandang teknis, jika ada malware di ponsel Anda, itu mungkin bukan virus. 

Sebenarnya, virus adalah malware yang memasukkan dirinya ke dalam file yang tidak tercemar di sistem operasi Anda, dan kemudian memodifikasinya sehingga dapat menggunakan sumber daya perangkat Anda untuk mereplikasi dirinya sendiri. 

Tidak mungkin malware apa pun yang mungkin Anda dapatkan di perangkat Android Anda akan berperilaku seperti ini.

Banyak orang menggunakan istilah "virus" dan "malware" secara bergantian, tetapi mereka tidak 100% memiliki gagasan yang sama. Virus hanyalah satu jenis malware, dan meskipun ada banyak malware Android, tidak ada virus dalam pengertian ini. 

Jadi jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghapus virus dari ponsel Android, lebih baik Anda beralih ke 'Malware'.

Dengan cara ini, mari kita hapus malware itu dari ponsel Anda. Di bawah ini, kami mencantumkan beberapa metode penghapusan malware Android paling andal, dimulai dengan yang paling sederhana: Biarkan antivirus Anda melakukannya untuk Anda.

Cara 1 : Hapus malware secara otomatis

Instal Avast Mobile Security untuk Android dan pindai perangkat Anda dengan cepat untuk menentukan apakah ada "virus" atau tidak.

Langkah 1 - Jalankan pemindaian antivirus

Sebagian besar perangkat lunak antivirus portabel mudah digunakan. Cukup klik tombol "Pindai" dan biarkan aplikasi berjalan. Avast Mobile Security untuk menu utama Android, yang menampilkan tombol Pindai

Langkah 2 - Pecahkan masalah yang teridentifikasi

Setelah pemindaian selesai, ikuti petunjuk di antarmuka pengguna untuk mengklarifikasi risiko apa pun yang telah terdeteksi.

Cara 2: Hapus malware secara manual

Jika Anda tidak menggunakan perangkat lunak keamanan seluler, atau aplikasi yang Anda pilih tidak dapat menyelesaikan masalah, Anda dapat melihat cara menghapus malware dari ponsel Android secara manual.

Langkah 1 - Letakkan ponsel Anda dalam Safe Mode

Memulai ulang ponsel Anda dalam mode aman akan mencegah semua aplikasi pihak ketiga berjalan, termasuk malware. Beberapa ponsel Android memungkinkan Anda memulai ulang ke mode aman, sementara yang lain memerlukan beberapa langkah tambahan untuk mencapainya.

Di banyak perangkat, Anda dapat mengakses Safe Mode dengan menahan tombol daya seolah-olah Anda berencana untuk mematikan ponsel. Menu Daya Android 7.0, tekan lama opsi Matikan selama satu atau dua detik. Daftar Daya Android 7.0

Klik "OK" ketika ditanya apakah Anda ingin memulai ulang ke Safe Mode.

Setelah berada dalam mode aman, nilai apakah masalah masih ada atau tidak. Jika tidak, kemungkinan besar itu disebabkan oleh malware aplikasi pihak ketiga. Layar Beranda di Android 7.0, ini menunjukkan bahwa Mode Aman diaktifkan

Langkah 2 - Lihat aplikasi yang diunduh

Setelah berada dalam Mode Aman, buka Pengaturan> Aplikasi. Cari aplikasi apa pun yang tampak mencurigakan - mungkin aplikasi yang tidak biasa Anda gunakan, atau aplikasi yang Anda tidak ingat pernah memasangnya sendiri. 

Tempat terbaik untuk memulai adalah dengan aplikasi yang Anda instal tepat sebelum ponsel Anda mulai bertingkah aneh. Daftar aplikasi Android 7.0

Langkah 3 - Copot unduhan terbaru

Setelah Anda mengidentifikasi aplikasi yang berpotensi mengganggu, klik "Uninstall" untuk menghapusnya secara permanen. Jika Anda salah menebaknya, Anda selalu dapat menginstalnya kembali nanti. 

Dalam upaya terakhir untuk tetap hidup, banyak aplikasi yang terinfeksi virus akan menonaktifkan tombol hapus instalan, dalam hal ini mereka perlu menghapus hak administratif mereka. Menu info aplikasi di Android 7.0

Langkah 4 - Cegah aplikasi ini menjadi administrator perangkat

Gulir ke seluruh pengaturan keamanan untuk menemukan daftar aplikasi yang memiliki izin administrator perangkat. Bergantung pada versi Android atau pabrikan ponsel, jalur Anda mungkin terlihat seperti ini: Pengaturan> Keamanan> Administrator perangkat. 

Sesampai di sana, periksa apakah aplikasi nakal ada dalam daftar. Jika Anda melihatnya, lihat kotak kecil di sebelah kanan namanya, dan lihat apakah dicentang atau tidak. Daftar administrator perangkat di Android 7.0

Jika demikian, hapus centang pada kotak, lalu pilih Nonaktifkan administrator perangkat ini untuk menghapus hak akses mereka. 

Sekarang, kembali ke aplikasi di aplikasi yang diunduh. Tombol Copot pemasangan sekarang seharusnya dapat diklik jadi lanjutkan dan kirim paket aplikasi.

Sebagai langkah terakhir, buka folder Downloads dan hapus file instalasi .apk malware, jika Anda melihatnya.

Nyalakan ulang ponsel Anda dalam mode operasi normal, dan pastikan Anda telah menyelesaikan gejalanya. Jika ya, selamat! Anda telah menguasai cara menghapus malware dari ponsel Android. 

Jika tidak, Anda mungkin perlu mengulangi proses ini, menghapus instalan aplikasi lain kali ini, atau mempertimbangkan untuk mengembalikan ke setelan pabrik sepenuhnya.

Ingat, melakukan reset pabrik akan menghapus semua aplikasi dan data aplikasi dari ponsel Anda sehingga selalu lebih baik untuk memiliki cadangan data secara teratur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga boruto chapter 61 sub indonesia komiku

Cara Menggunakan NFC di Samsung A32

Cara Memasukan Lagu ke Iphone Tanpa iTunes