Cara Mengaktifkan Internet Download Manager di Google Chrome

Cara Mengaktifkan Internet Download Manager di Google Chrome
Cara mengaktifkan internet download manager di Google Chrome akan membantu Kamu dalam melakukan proses download. Biasanya, internet download manger (IDM) sudah terinstal secara otomatis pada browser ketika proses instalasi selesai. 

Akan tetapi, beberapa browser mengharuskan Kamu menginstalnya secara manual.

Banyak faktor yang menyebabkan IDM tidak bisa terinstal secara otomatis. Penyebab pertama ialah versi IDM atau browser Kamu belum diperbarui ke versi terbaru. 

Hal ini mengakibatkan kompabilitas keduanya tidak cocok sehingga aplikasi tidak terbaca, bahkan tidak bisa untuk diaktifkan.

Internet download manager merupakan perangkat lunak atau software yang bisa melakukan berbagai proses unduh data-data di internet dan meneruskannya kembali. 

Program ini dibuat di New York, Amerika dan berhasil menjadi aplikasi yang memberikan pelayanan pengunduhan dengan kecepatan maksimal pertama di dunia.

IDM memberikan dukungan penerusan kembali, yaitu mengunduh ulang beragam berkas yang terputus karena masalah teknis ataupun nonteknis. 

IDM juga menjadi salah satu perangkat lunak yang memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan jenis perangkat serupa lainnya. Perangkat lunak ini bisa melakukan multipart dengan kecepatan mencapai 500 persen.

Cara Mengaktifkan Internet Download Manager di Google Chrome

Tidak jarang banyak orang yang mengalami kebingungan dalam melakukan aktivasi IDM di Google Chrome. Hal ini dikarenakan kurangnya tutorial yang dipahami untuk beragam versi yang berbeda. 

Berikut ini cara mengaktifkan internet download manager di Google Chrome.

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan ialah membuka browser Google Chrome Kamu. Selanjutnya, pilih menu di bagian atas kanan dan pilih more tools lalu bisa memilih Ekstension.
  2. Kemudian, Kamu bisa meminimize terlebih dahulu Google Chrome dan beralih ke folder IDM yang terpasang. Temukan file dengan nama IDMGCExt.crx.
  3. Selanjutnya, Kamu bisa membuka kembali Google Chrome dan memposisikannya di sebelah file folder IDM.
  4. Untuk proses selanjutnya, Kamu bisa melakukan proses drag dan drop dari file IDMGCExt.crx ke halaman Ekstensi Google Chrome.
  5. Jika sudah berhasil dilakukan, maka selanjutnya bisa mengklik Continue pada bagian notifikasi yang terletak di bagian bawah Chrome. Kemudian, akan muncul IDM Integration Module (IDM), Kamu bisa memilih Aktifkan.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Google Chrome

Tidak jarang jika sudah melakukan pemasangan IDM pada Google Chrome, tetapi tetap saja tidak muncul. 

Untuk itu, selain mengetahui cara mengaktifkan internet download manager di Google Chrome, Kamu juga perlu mengetahui cara mengatasi IDM jika tidak muncul di Google Chrome.

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah memastikan settingan IDM pada Google Chrome sudah aktif dan sesuai. 

Kamu bisa mencoba mengecek kembali dengan membuka IDM di Tray Icon Taskbar Windows, memilih Options dan pastikan Google Chrome sudah tercentang, lalu bisa Exit.

Langkah kedua yang bisa dilakukan dengan mengecek versi IDM dan Google Chrome. Jika belum pada versi terbaru, maka Kamu bisa segera melakukan pembaruan atau update. 

Kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan mengunjungi IDM melalui Tray Icon, memilih Help dan lakukan Check For Updates.

Langkah ketiga yang bisa dilakukan ialah dengan memasang ekstensi IDM di Google Web Store. Cara melakukannya, Kamu bisa membuka Google Chrome Webstore, memilih IDM Integration Module dan pilih pasang. 

Setelahnya, Kamu bisa mencoba merestart Google Chrome agar IDM berhasil terpasang.

Langkah keempat yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan clean install IDM. Hal ini berarti membuat Kamu harus menghapus terlebih dahulu IDM yang sudah terpasang dan memasangnya ulang. 

Apalagi ketika Kamu menambahkan IDM ke Google Chrome dan tidak bisa langsung aktif.

Permasalahan seperti error Extensions, Apps, User Scripts cannot be added from this website bisa melakukan cara kelima ini. 

Selain itu, pesan error integration di Google Chrome dan beragam masalah gagal pemasangan bisa melakukan cara pemasangan ulang. 

Hal ini berlaku untuk berbagai versi sistem operasi Windows.

IDM menjadi salah satu perangkat lunak pengunduhan yang paling diminati dan memang sudah terbukti kualitasnya. Sebagai salah satu aplikasi ternama, IDM sudah digunakan hampir di seluruh browser termasuk Google Chrome. 

Kamu perlu memahami cara mengaktifkan internet download manager di Google Chrome agar tidak salah langkah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga boruto chapter 61 sub indonesia komiku

Cara Menggunakan NFC di Samsung A32

Cara Memasukan Lagu ke Iphone Tanpa iTunes