Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7, 8, 10

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7, 8, 10
Semakin berkembangnya teknologi komputasi, maka kemudian muncul banyak cara mengatasi komputer lemot Windows 7, 8, 10. Seperti yang sudah diketahui bahwa Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak dipakai oleh komputer di seluruh dunia, bahkan telah ada sejak lama.

Seri Windows juga terus diperbaharui setiap tahun untuk memberikan performa dan pengalaman berbeda bagi setiap orang yang menggunakannya. Namun tidak jarang juga beberapa orang masih setia menggunakan komputer seri lama, misalnya karena ada banyak data penting belum dipindahkan.

Memakai komputer lama atau baru memang pada dasarnya merupakan hak masing-masing setiap orang, asalkan mampu merawatnya. Namun, salah satu kendala jika kamu tetap memakai komputer Windows generasi lama adalah performanya mulai menurun, bahkan bisa sampai lemot.

Masalah lemot pada komputer memang menjadi momok bagi banyak orang, terutama yang semua aktifitasnya bergantung pada komputer. Oleh sebab itu, kamu perlu mempelajari bagaimana caranya supaya lemot pada komputer Windows bisa teratasi, terutama kembali ke performa terbaiknya.

Melakukan Pembersihan Virus Secara Teratur

Cara mengatasi komputer lemot Windows 7, 8, 10 yang pertama adalah dengan melakukan pembersihan virus atau malware secara rutin. Virus komputer sendiri saat ini bisa menyerang melalui berbagai cara, misalnya saat kamu mengunduh file dari internet secara langsung.

Virus juga bisa masuk ke laptop ketika dihubungkan dengan jaringan internet maupun device eksternal seperti flashdisk, HDD eksternal, atau perangkat lain. Jika dibiarkan, maka virus akan merusak beberapa perangkat lunak dan menyebabkan penurunan performa dan kinerja.

Ketika kinerja sudah menurun, maka laptop akan jauh lebih lemot daripada sebelumnya dan terkadang beberapa software tidak merespon. Untuk itu, kamu perlu melakukan pembersihan virus dengan cara install antivirus yang telah banyak disediakan, misalnya Avast atau Smadav.

Pilih antivirus yang sudah memiliki reputasi sebagai peringkat keamanan dengan kemampuan mengkal virus berbahaya secara otomatis. Biasanya, setiap laptop atau komputer akan memiliki antivirus bawaan bernama Windows Defender sebagai fitur tambahan untuk mencegah terserang malware berbahaya.

Jangan Buka Terlalu Banyak Software

Perlu kamu ketahui bahwa setiap aplikasi yang sedang aktif maka akan membuat dapur pacu bekerja lebih keras. Cara mengatasi komputer lemot Windows 7, 8, 10 adalah membatasi aktifitas aplikasi yang sedang tidak kamu gunakan sekarang.

1. Pahami ukuran aplikasi

Jika kamu ingin melakukan banyak tugas sekaligus atau multitasking, maka ketahui setiap ukuran aplikasi yang kamu gunakan. Lebih baik kamu juga mengerti berapa besar memori yang digunakan ketika sebuah aplikasi sedang aktif untuk menghindari laptop lemot.

2. Gunakan sesuai kebutuhan

Jika kamu tidak sedang membutuhkan sebuah aplikasi aktif, maka sebaiknya tutup saja. Kamu bisa melakukannya dengan melakukan pengaturan dasar di menu Setting dan lihat aplikasi apa saja yang aktif, kemudian hentikan aplikasi tersebut supaya tidak membebani RAM.

3. Cara membatasi aplikasi aktif

Seri terbaru dari Windows, yaitu Windows 10, telah memberikan fitur pembatasan aplikasi aktif secara otomatis. Caranya adalah dengan buka Task Manager> pilih Tab Startup> setelah itu pilih aplikasi yang ingin dibatasi> kemudian terakhir klik finish.

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7, 8, 10 dengan Memeriksa HDD

HDD komputer memegang peranan penting sebagai tempat menyimpan semua file dan berkas penting yang kamu miliki. Umumnya, HDD komputer secara total akan memiliki lebih dari 500 GB, namun saat ini sudah ada beberapa dengan 1 TB atau 1000 GB.

Perlu kamu ketahui bahwa Recycle Bin yang merupakan tempat sampat sementara juga mengambil kapasitas memori dari HDD utama. Artinya sampah-sampah tersebut juga akan membebani kapasitas memari jika tidak dibersihkan secara berkala, apalagi sampai menumpuk ribuan file.

HDD sendiri biasanya mengalami masalah berupa low space atau ruang penyimpanan rendah, terfragmentasi, mengalami masalah pada rpm, hingga terjadi bad sector. Masalah-masalah seperti ini membuat komputer cepat panas dan pada akhirnya membuat kinerjanya semakin lemot, bahkan tidak merespon perintah.

Cara mengatasinya kamu bisa mengganti HDD lama dengan HDD baru, apalagi usianya sudah sangat lama dan performanya sudah menurun. Sedangkan jika HDD terfragmentasi, maka cara mengatasinya adalah melakukan defragmentasi dengan menu Start> ketik Disk Defragmenter.

Melakukan pembersihan komputer perlu dilakukan secara rutin, baik scan antivirus maupun upaya defragmentasi setiap 2 minggu sekali. Dengan cara mengatasi komputer lemot Windows 7, 8, 10 tersebut, maka laptop milikmu bisa kembali ke performa terbaiknya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga boruto chapter 61 sub indonesia komiku

Cara Menggunakan NFC di Samsung A32

Cara Memasukan Lagu ke Iphone Tanpa iTunes