Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop
Kebanyakan orang mungkin saat ini sedang mencari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop karena file tersebut sangat penting. Sedangkan folder tersebut tidak sengaja terhapus karena memang lalai atau karena tidak sengaja menghapusnya semua dalam sebuah folder.

Namun, akan sangat merugikan jika ada sebuah folder penting terhapus begitu saja, apalagi terhapus secara permanen. Selain kamu kehilangan data tersebut selamanya, kamu juga tidak akan pernah mendapatkannya kembali bagaimanapun caranya kamu berusaha.

Beberapa alternatif kemudian muncul karena masalah ini sangat penting dan menyangkut tentang kehidupan seseorang. Ditambah jika data yang terhapus merupakan data penting perusahaan, data untuk materi kuliah, data penjualan produk, atau data primer dengan kebutuhan tinggi.

Sebenarnya, ada batas waktu tertentu dimana data yang sudah terhapus bisa dikembalikan lagi ke folder lama, yaitu selama 30 hari. Jika sudah melewati batas waktu tersebut, maka secara otomatis data tersebut akan dibersihkan secara permanen.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dengan Me-Restore File

Cara yang pertama adalah melakukan restore file di Recycle Bin jika batas waktu belum sampai selama 30 hari dan kamu belum melakukan Clear History. Cara ini sendiri sebenarnya dilakukan jika data yang terhapus adalah data dari penyimpanan luar, misalnya flashdisk atau memori HP.

1. Masuk ke Recycle Bin

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka folder Recycle Bin di layar dekstop laptop milikmu. Recycle Bin sendiri bisa diartikan sebagai tempat penampungan sampah sementara dimana semua data, baik file maupun folder tersimpan disini setelah di hapus.

2. Cari File

Setelah itu, cari folder yang ingin dikembalikan tadi dengan beberapa langkah sederhana. Untuk memudahkannya, kamu bisa menyortir semua sampah tersebut melalui abjad atau waktunya. Jika sudah, maka kamu hanya perlu mencarinya sampai folder tersebut ditemukan.

3. Restore Data

Langkah terakhir adalah restore data dimana nantinya folder yang sudah di restore akan otomatis kembali ke folder Doc. Caranya, kamu hanya perlu klik kanan pada data yang sudah ditemukan, kemudian pilih menu restore paling atas dari kotak dialog.

Kamu Bisa Menggunakan Metode File History

Bagi kamu yang memiliki laptop dengan sistem operasi Windows, baik Windows 10, 7, atau 8 maka bisa menggunakan cara ini. Metode File History sendiri meruakan fitur bawaan dimana sistem akan mengembalikan file yang telah terhapus.

1. Buka Menu Setting

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop pertama kamu harus memasuki menu setting. Pilih Update & Security, kemudian klik Backup dan Add a Drive, klik partisi hard drive yang nanti akan digunakan sebagai tempat restore file.

2. Backup Berkali-kali

Jika kamu ingin melakukan backup berkali-kali, maka ada fitur yang bernama Automatically Backup My File dan ini bisa kamu gunakan. Cara lainnya kamu bisa menggunakan interval backup selama proses restore melalui tombol More Options yang bisa dikenali dari warna birunya.

3. Langkah Terakhir

Jika sudah, maka kamu bisa melanjutkan ke langkah terakhir dimana hanya perlu mencarinya melalui menu Search dan memasukan kata File History. Nantinya, semua data baik folder maupun file akan dimunculkan dan kamu bisa me-restore data tersebut.

Sebenarnya, cara mengembalikan file yang terhapus di laptop menggunakan metode File History juga bermanfaat saat install ulang. Terkadang, saat proses install ulang beberapa orang memindahkan data pentingnya sehingga ikut reset dan terhapus secara permanen dari folder.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Menggunakan CMD

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan CMD karena dianggap lebih mudah, simpel, dan cukup praktis. Perlu kamu ketahui bahwa CMD sendiri bukanlah aplikasi pihak ketiga, jadi cara ini murni tanpa bantuan aplikasi jenis apapun.

Caranya adalah dengan membuka Command Prompt melalui menu Start Windows dan ketik cmd. Kemudian klik kanan cmd> Run as Administrator> ketik chkdsk (nama file): /f> enter> ketik ATTRIB –H –R –S/S /D (nama file)> kemudian tunggu recovery data yang akan memunculkan file tersebut.

Cara lain sebenarnya juga masih ada, yaitu melalui bantuan aplikasi pihak ketiga. Namun, prosesnya mungkin akan jauh lebih lama daripada tanpa menggunakan aplikasi. Ditambah bahwa aplikasi pihak ketiga mungkin akan meminta data pribadi kamu. Jadi cara mengembalikan file yang terhapus di laptop sebaiknya tanpa aplikasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga boruto chapter 61 sub indonesia komiku

Cara Menggunakan NFC di Samsung A32

Cara Memasukan Lagu ke Iphone Tanpa iTunes