Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cryptocurrency dan Penipuan

 Apakah Anda bingung tentang cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum? Anda tidak sendiri. Sebelum menggunakan atau berinvestasi dalam mata uang kripto, pelajari perbedaannya dari uang tunai dan metode pembayaran lainnya, dan cara menemukan penipuan mata uang kripto atau akun mata uang kripto yang dapat diretas.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cryptocurrency dan Penipuan

Apa itu cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah jenis mata uang digital yang umumnya elektronik saja. Tidak ada mata uang atau faktur fisik kecuali Anda menggunakan layanan yang memungkinkan Anda menukar mata uang kripto dengan token fisik. 

Anda biasanya menukar mata uang kripto dengan seseorang secara online di ponsel atau komputer Anda tanpa menggunakan perantara seperti bank. Bitcoin dan Eter adalah mata uang kripto yang terkenal, tetapi ada berbagai merek mata uang kripto, dan yang baru terus-menerus dibuat.

Bagaimana orang menggunakan cryptocurrency?

Orang-orang menggunakan mata uang kripto untuk pembayaran cepat guna menghindari biaya transaksi yang dibebankan oleh bank biasa, atau untuk memberikan tingkat anonimitas tertentu. Yang lain memegang cryptocurrency sebagai investasi dengan harapan akan dihargai.

Bagaimana Anda mendapatkan cryptocurrency?

Anda dapat membeli cryptocurrency melalui platform perdagangan online. Beberapa orang mendapatkan cryptocurrency melalui proses kompleks yang disebut "penambangan." Ini membutuhkan peralatan komputer canggih untuk memecahkan teka-teki matematika yang sangat kompleks.

Di mana dan bagaimana cryptocurrency disimpan?

Cryptocurrency disimpan di dompet digital Anda dan dapat disimpan secara online, di komputer Anda, atau di hard drive eksternal Anda. Namun, jika sesuatu yang tidak terduga terjadi (sistem pertukaran online gagal, cryptocurrency dikirim ke orang yang salah, kata sandi dompet digital hilang, dompet digital dicuri atau diretas), Anda akan menemukan bahwa tidak ada yang bisa campur tangan. 

Untuk membantu Anda mendapatkan uang Anda kembali. Dan karena Anda biasanya mentransfer cryptocurrency secara langsung tanpa perantara seperti bank, seringkali tidak ada orang yang dapat diandalkan jika terjadi masalah.

Apakah cryptocurrency berbeda dari dolar AS?

Ada perbedaan penting antara cryptocurrency dan mata uang tradisional.

Akun Cryptocurrency tidak didukung oleh pemerintah. Akun Cryptocurrency tidak dilindungi oleh pemerintah seperti dolar AS yang disimpan di rekening bank. Jika Anda menyimpan cryptocurrency di perusahaan luar negeri dan perusahaan itu gulung tikar atau diretas, pemerintah tidak berkewajiban untuk campur tangan dan membantu Anda mendapatkan kembali uang Anda.

Nilai Cryptocurrency terus berubah. Nilai cryptocurrency dapat berubah dengan cepat, bahkan jika berubah setiap jam. Itu tergantung pada banyak faktor, termasuk penawaran dan permintaan. Investasi senilai ribuan dolar hari ini bisa mencapai ratusan dolar besok. Juga, jika nilainya turun, tidak ada jaminan akan naik lagi.

Pembayaran mata uang kripto

Jika Anda mempertimbangkan untuk membayar dalam mata uang kripto, ketahuilah bahwa ini berbeda dari kartu kredit dan metode pembayaran tradisional lainnya.

Tidak ada perlindungan hukum untuk pembayaran cryptocurrency. Kartu kredit dan debit memiliki perlindungan hukum jika terjadi masalah. Misalnya, jika Anda perlu menantang pembelian, perusahaan kartu kredit memiliki proses untuk membantu Anda mendapatkan kembali uang Anda.

Pembayaran Cryptocurrency biasanya tidak dapat diubah. Saat Anda membayar dalam mata uang kripto, Anda biasanya bisa mendapatkan uang Anda kembali hanya jika orang yang Anda bayar mengembalikannya. Sebelum Anda membeli apa pun dalam mata uang kripto, pelajari tentang reputasi penjual, di mana penjual berada, dan cara menghubungi seseorang jika Anda mengalami masalah. Periksa detail ini dengan melakukan riset sebelum membayar.

Beberapa informasi tentang transaksi mungkin akan dipublikasikan. Orang-orang berbicara tentang transaksi cryptocurrency secara anonim. Tetapi kebenarannya tidak sesederhana itu. Beberapa cryptocurrency mencatat detail transaksi dalam buku besar publik yang disebut "blockchain". 

Ini adalah daftar umum dari setiap pembayar dan penerima transaksi cryptocurrency. Bergantung pada cryptocurrency, informasi yang ditambahkan ke blockchain dapat mencakup detail seperti jumlah transaksi, alamat dompet pengirim dan penerima. Alamat dompet adalah rangkaian panjang angka dan huruf yang terkait dengan dompet digital. 

Anda dapat mendaftarkan dompet digital Anda dengan nama palsu, tetapi Anda dapat menggunakan informasi transaksi dan dompet untuk mengidentifikasi orang yang terlibat dalam transaksi tertentu. Selain itu, jika Anda membeli sesuatu dari penjual yang mengumpulkan informasi lain tentang Anda, seperti alamat pengiriman, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengidentifikasi Anda nanti.

Cara Menghindari Penipuan Cryptocurrency

Scammers terus-menerus menemukan cara baru untuk mencuri uang Anda menggunakan cryptocurrency. Salah satu tanda penipuan yang paling pasti adalah seseorang yang mengatakan bahwa mereka harus membayar dalam mata uang kripto. Bahkan, AnyuMemberitahu Anda untuk membayar melalui transfer bank, kartu hadiah, atau cryptocurrency adalah penipuan. Tentu saja, jika Anda membayar, ada sedikit cara untuk mendapatkan uang itu kembali. Inilah yang diandalkan oleh scammers. Berikut adalah beberapa penipuan cryptocurrency yang harus diwaspadai.

Penipuan Investasi dan Peluang Bisnis

Beberapa perusahaan menjanjikan bahwa Anda dapat menghasilkan banyak uang dan mencapai kebebasan finansial dalam waktu singkat.

Beberapa scammer memberi tahu Anda untuk membayar dalam mata uang kripto untuk mendapatkan hak mempekerjakan orang lain ke dalam program. Mereka mengatakan bahwa jika Anda melakukan ini, Anda akan mendapatkan hadiah rekrutmen dalam mata uang kripto. Semakin banyak cryptocurrency yang Anda bayar, semakin banyak uang yang Anda janjikan untuk dihasilkan. Tapi ini semua adalah janji palsu dan jaminan palsu.

Beberapa penipu memulai dengan tawaran sepihak dari "manajer investasi" yang mungkin. Penipu ini mengatakan bahwa jika Anda memberi mereka cryptocurrency yang Anda beli, Anda dapat membantu Anda meningkatkan uang Anda. Namun, jika Anda masuk ke akun investasi yang telah dibuka, Anda akan menemukan bahwa Anda hanya dapat menarik uang jika Anda membayar biaya.

Beberapa scammer mengirim pekerjaan sepihak untuk membantu merekrut investor crypto, menjual cryptocurrency, menambang cryptocurrency, atau mengubah uang tunai menjadi Bitcoin.

Beberapa scammer memposting pekerjaan palsu di situs pekerjaan. Mereka menjanjikan Anda pekerjaan (dengan bayaran), tetapi mereka akan merampok uang dan informasi pribadi Anda.

Cari klaim yang dapat membantu Anda memutuskan perusahaan dan orang mana yang harus dihindari:

Scammers menjamin bahwa Anda akan menghasilkan uang. Ini adalah penipuan jika mereka berjanji Anda akan mendapat untung. Bahkan jika ada rekomendasi atau surat rekomendasi dari seorang selebriti. (Ini mudah palsu.)

Scammers menjanjikan pembayaran besar dengan pengembalian yang dijamin. Misalnya, Anda tidak dapat menjamin pengembalian yang andal, seperti menggandakan uang Anda. Ini akan jauh lebih sedikit dalam waktu singkat.

Scammers menjanjikan uang gratis. Mereka menjanjikan ini dalam bentuk tunai atau cryptocurrency, tetapi janji uang gratis selalu palsu.

Scammers membuat klaim besar tanpa detail atau penjelasan. Pengusaha cerdas ingin memahami cara kerja investasi dan ke mana arah uang. Dan penasihat investasi yang baik ingin membagikan informasi ini.

Periksa sebelum Anda berinvestasi. Cari di Internet untuk nama dan kata-kata perusahaan dan mata uang kripto seperti "ulasan", "penipuan", dan "keluhan". Lihat apa yang orang lain katakan. Dan baca lebih lanjut tentang penipuan investasi populer lainnya.

Email pemerasan

Scammers sering mengirim email yang mengatakan bahwa mereka memalukan atau merusak foto, video, atau informasi pribadi Anda. Kemudian mereka mengancam untuk mengiklankannya kecuali Anda membayar mereka dalam cryptocurrency. Jangan lakukan itu Ini adalah upaya pemerasan dan pemerasan kriminal. Tolong laporkan ke FBI segera.

Kiat media sosial

Jika Anda membaca tweet, pesan teks, email, atau menerima pesan yang menginstruksikan Anda untuk mengirim cryptocurrency di media sosial, ini adalah penipuan. Hal ini berlaku bahkan jika pesan tersebut dari seseorang yang Anda kenal atau diposting oleh selebriti yang Anda ikuti. Akun media sosial mereka mungkin telah diretas. Laporkan penipuan ke platform media sosial segera

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel